Sukun dan Khasiatnya untuk Gangguan Pembuluh Darah

Buah dan Daun Sukun (Breadfruit) (Sumber: Wikipedia
Sukun sudah lama dikenal orang Indonesia. Ia termasuk dalam famili Moraceae atawa keluarga mulberry, masyarakat Eropa mengenalnya dengan julukan bread fruit. Tanaman asli Filipina ini tumbuh baik di daerah tropis seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Biasanya ia diolah dan disajikan sebagai makanan kecil berupa kripik (orang Semarang dan sekitarnya menyebutnya criping, bukan kripik :)), atau digoreng atau bisa juga direbus. Ternyata si sukun yang memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang ampuh bagi kesehatan, terutama bagi jantung dan pembuluh darah. Masyarakat Indonesia secara tradisional memanfaatkan daun sukun sebagai obat penyakit hati (liver), luka bakar (imflamasi) jantung, ginjal, sakit gigi, dan eksim. Demikianpun Anne Ahira dalam situsnya, menyebutkan hal yang tidak jauh berbeda, bahkan ekstrak juga rebusan daun sukun juga bisa bermanfaat mengatasi sakit gigi, hepatitis, gatal-gatal, diabetes melitus, pembesaran limpha dan ginjal. Sementara itu, Ning Harmanto secara rinci menuturkan manfaat dan resep buah sukun melalui tulisannya, Khasiat dan Resep Buah Sukun untuk Penderita DM.  

Tulisan ini dinukil dari Indira Permanasari (Kompas,11 Mei 2010). Konon penelitian yang telah dilakukan LIPI, seluruh bagian tanaman sukun mengandung senyawa flavonoid. Sejumlah turunan flavonoid telah berhasil diisolasi dan diidentifikasi dari bagian akar dan ranting tumbuhan tersebut. Masyarakat Taiwan secara tradisional menggunakan akar dan batang sukun bagi pengobatan penyakit hati (liver) dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Berangkat dari pengalaman empirik masyarakat, LIPI telah melakukan penelitian yang lebih dalam mengenai potensi daun sukun. Melalui penelitian panjang sejak tahun 2004, tanaman sukun berhasil dibuktikan khasiatnya. Dalam penelitian tersebut, daun sukun dibuat menjadi ekstrak. Komponen hasil ekstraksi dengan etanol, yakni tiga senyawa flavonoid dan Beta-sitoserol tersebut yang kemudian diteliti khasiatnya.

dinukil dari berbagai sumber.

0 Response to "Sukun dan Khasiatnya untuk Gangguan Pembuluh Darah"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam