Tomato alias Tomat, Jenis dan Manfaatnya

Siapa sih yang tidak kenal dengan tomat? Semua orang juga tahu yang mana disebut tomat.
Meskipun demikian ternyata masih ada kebingungan sebagian orang, yaitu diklasifikasikan kemana tomat itu sebenarnya,  buah atau sayuran?

Nah, untuk menjawab itu sebagian sumber yang dapat dipercaya memberi informasi dari dua cara pandang atau pendekatan.

1. Pendekatan Ilmu Botani
  • Dari sudut pandang botani atau ilmu tentang tumbuhan, bagian tumbuhan yang disebut buah adalah yang tumbuh dari bunga sebagai hasil dari penyerbukan. Bagian ini bisa juga mengandung atau tidak memiliki biji. Jika demikian, maka tomat adalah termasuk buah.
2. Pendekatan Kuliner 
  • Dari sudut pandang kuliner mengatakan bahwa bagian dari tanaman seperti batang, pelepah, daun, akar, dan kelopak bunga yang dapat diolah sebagai bahan kuliner tergolong sayuran.
Pro kontra penggolongan tomat ternyata pernah terjadi di Amerika sebagaimana dilaporkan terjadi perselisihan antara keluarga Nix melawan Edward L. Hedden pada tahun 1893. Akhirnya mahkamah setempat memutuskan bahwa tomat termasuk dalam kelompok sayuran.

Asal Usul Tomat
Tomat memiliki nama latin Solanum Lycopersicum syn. Lycopersicum seculentum adalah berasal dari keluarga Solanaceae, aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan yakni dari Meksiko sampai Peru. Tumbuhan tomat memiliki siklus hidup yang singkat (3 bulanan). Tomat dapat hidup di daerah dataran tinggi maupun rendah. Namun demikian, tomat tidak menyukai daerah yang bertanah basah dengan curah hujan yang terlampau tinggi, jadi jika tanah atau lahan terlampau basah/becek, tomat akan mudah terserang penyakit.

Jenis-jenis Tomat

Plum
1. Tomat Plum
  • bentuknya mirip buah plum, yakni bulat, lonjong (oval), daging buahnya banyak mengandung air, kulit buah tipis (kulit ari). Umumnya tomat plum banyak dipakai ibu-ibu untuk campuran sayuran tumis dan masakan lainnya.
2. Tomat Ceri
  • Dari namanya tentu saja tomat Ceri bentuknya seperti buah ceri, kecil agak oval. Ketika masih muda warnanya hijau muda - pucat. Tomat ceri ketika masak rasanya manis, cocok untuk jus. Tomat ceri ini benar-benar juicy.
    Chery
3. Tomat Hijau
  •  Tomat Hijau, ciri-cirinya berwarna hijau, permukaan kulitnya agak keras karena kandungan airnya sedikit. Tomat hijau dipanen sebelum masak. Biasanya tomat ini dicari para ibu untuk bahan sayuran tumis karena rasanya yang segar.
4. Tomat Beef
  •  Tomat beef bentuknya besar, melebar dan tidak lonjong. Oleh para ibu tomat ini digunakan untuk membuat sandwich atau hamburger.
5. Tomat Anggur
Green Tomato
  • Seperti namanya tomat ini bentuknya seperti buah anggur. Tomat anggur adalah varian tomat paling kecil. Bentuknya lebih bulat namun lebih kecil, rasanya cukup manis, dan dapat dimakan secara langsung.
6. Tomat Pear
  • Jenis ini memang mirip buah pear. Warnanya beraneka ragam, merah, kuning, dan orens (orange), dan rasanya juga cukup manis. Biasanya orang memakan langsung setelah dicuci. Dan kebanyak orang menggunakan tomat pear ini untuk campuran
    Pear
    atau bahan tambahan salad, ditaburi mayones lebih nikmat.
Manfaat Tomat
Manfaat tomat bagi kesehatan sangat bermacam-macam. Diantaranya adalah:
Grape Tomato
beef-tomato
  1. Mengonsumsi tomat dapat membantu membersihkan hati dan darah
  2. Mengonsumsi tomat dapat memenuhi kebutuhan vitamin A, B1 dan C
  3. Dengan mengonsumsi tomat secara teratur dan sesuai kebutuhan dapat mencegah penyakit dan gangguan kesehatan seperti: gusi berdarah, rabun, penggumpalan darah, usus buntu.
  4. Membantu mengatasi kelelahan dan menambah napsu makan.

2 Responses to "Tomato alias Tomat, Jenis dan Manfaatnya"

  1. Jadi gimana nih keputusannya, buah atau sayuran? Hehehee... Panjang ntar jawabnya: menurut ini bla bla bla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... itu tulisan sebenarnya refleksi dari "perdebatan" dengan si junior yang menurut saya kritis meskipun baru kelas 3 SD.

      Delete

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam