Tomtato - Tanaman yang Menghasilkan Tomat dan Kentang Sekaligus

Kok bisa ya?

Sebenarnya informasi ini sudah basi sih, tanaman hibrid ini sudah pernah diluncurkan di Inggris setahun yang lalu (September 2013), namanya Tomtato, akronim dari Tomato and Potato. Dalam waktu yang relatif bersamaan, di New Zealand juga diberitakan peluncuran "Potato Tom" yakni okulasi Kentang dan Tomat. Tapi kini diberitakan lagi oleh beberapa media, termasuk salah satunya global.liputan6.com.

Dari namanya saja sudah tentu tanaman ini menghasilkan dua komoditi sayuran atau tepatnya hortikultura sekaligus, yaitu tanaman atas berbuah tomat dan bawahnya berumbi kentang. Tanaman ini tercipta, sebagai reaksi Paul Hansord (Direktur Tompson and Morgan)  yang mengaku dapat ide menciptakan tanaman unik itu 15 tahun yang lalu, ketika ia mengunjungi sebuah taman di Amerika Serikat. Ketika itu ada orang iseng yang membuat tanaman tipuan, kentang di bawah, tomat di atas. Namun lelucon itu justru menginspirasi Hansord untuk membuat yang asli.

Tanaman Tomtato dikembangkan oleh Thompson and Morgan, perusahaan hortikultura asal Inggris yang berpusat di kota Ipswich, yang berdiri sejak Tahun 1855. Apakah tanaman ini hasil rekayasa genetika? "Oh, tidak" jawab Thompson and Morgan saat diwawancarai BBC. Tomtato tercipta dengan teknologi grafting, yaitu okulasi. Dibutuhkan ujicoba selama 10 tahun untuk tercipta Tomtato. Thompson and Morgan memberi label harga tanaman Tomtatonya senilai £14,99 atau sekitar US$24, atau kira-kira 290an ribu per bibit tanaman.
sumber: BBC.com
Tomtato: sumber gizmag.com
Okulasi atau grafting adalah proses kombinasi dua jenis tanaman yang untuk menciptakan satu tanaman (baru). Dalam ilmu pertanian, okulasi adalah salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman lainnya. 

Apa ya manfaat dan kelebihan kreasi Thompson and Morgan ini? Tentu saja banyak kelebihannya jika dapat diterapkan di Indonesia. Saat ini ketersediaan lahan semakin sempit, terutama daerah perkotaan. Ya memang sih, mana mungkin daerah perkotaan akan dijadikan lahan pertanian? 

Maksudnya begini, dengan inovasi yang dilakukan Thompson and Morgan di atas setidaknya bisa memanfaatkan lahan sempit untuk diversifikasi hortikultura. Tanaman unik Tomtato ini juga bisa dibudidayakan dalam pot.


*) sumber:
BBC.com, Thompson-Morgan.com, gizmag.com
global.liputan6.com

0 Response to "Tomtato - Tanaman yang Menghasilkan Tomat dan Kentang Sekaligus"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam