Menanti Jembatan Tercanggih di Indonesia Rampung

Tadi siang saya menghadiri kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Pusat di Hotel Novotel, Pangkalpinang. Kebetulan pada acara bersamaandi lantai yang sama sedang berlangsung pelatihan bagi perusahaan pengembang. Tidaklah mengherankan jika terlihat beberapa orang bule bersliweran, keluar masuk ruangan,ternyata mereka berasal dari Inggris. Nah orang-orang bule tersbut adalah konsultan / pihak pelatih dan juga perancang jembatan yang konon menggunakan teknologi hidrolik yang bernama bascule. Itu lho, teknologi yang bisa buka tutup saat kapal motor mau lewat.

Jembatan Tercanggih di Indonesia, bahkan Asia Tenggara?

Arsitektur Jembatan Baturusa II
Sebenarnya di Indonesia sudah ada yang canggih, yaitu Jembatan Ampera yang membentang di atas Sungai Musi. Ia berada di tengah kota Palembang. Konon jembatan yang dibangun dari hasil rampasan perang Jepang yang berhasil diperjuangkan masyarakat Palembangsemasa pemerintahan Ir Soekarno pada Tahun 1962-1964, juga bisa dibuka/tutup untuk keperluan lalulintas kapal. Karena biaya operasionalnya mahal, maka bagian yang bisa naik/turun untuk keperluan lalulintas kapal itu sejak tahun 70an tidak difungsikan. Sayang ya.. Lha wong, biaya operasionalnya saja bisa menghabiskan setengah pagu anggaran APBD. Nah lho?

Jembatan Baturusa II mulai dibangun sejak 2010 ini terbentang di atas muara Sungai Baturusa, Kabupaten Bangka. Ia berdiri kokoh di atas sungai yang memisahkan daratan Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang. Secara teknis, jembatan ini membentang sepanjang 700 meter (bagian di atas sungai saja) dengan lebar 24 meter, lebih lebar dari lebarnya jembatan Ampera yang cuma 22 meter.

Jembatan ini dirancang dengan sistem "bascule" yang bisa dibuka/tutup atau naik/turun untuk keperluan lalulintas kapal.

Di sela-sela istirahat, saya bersama Mas Alvin dari kantor Kemdikbud Gedung F yang berpusat di bilangan Jalan Fatmawati Jakarta, sempat mengobrol dengan peserta pelatihan yang berasal dari kontraktor pembangunan proyek jembatan Baturusa II.
Kondisi November 2014

"Bisa-bisa jembatan ini menjadi jembatan tercanggih di Indonesia, bahkan Asia Tenggara lho Mas" kata bapak yang tidak mau disebutkan namanya itu. "Setahu saya, yang punya jembatan dengan teknologi bascule ini di Eropa ada 3, lainnya di Tiongkok. Jadi jika Indonesia punya satu yang canggih, ya di Bangka Belitung ini", lanjutnya.

"Terus sudah seberapa jauh pembangunannya, Pak?" Saya menjadi kepo.
 Sumber: Dinas PU Propinsi Kep. Bangka Belitung

"Yah, masih 85an persen, deh" Jawabnya singkat sambil menyeruput kopi dan menghabiskan sisa rokok mild-nya.

Akhirnya, untuk mengobati rasa penasaran, seusai meeting, saya meluncur ke lokasi. Berikut fotonya kondisi saat ini yang hanya sempat saya abadikan dari satu sisi saja. 

Berikut saya tayangkan video dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang hal ihwal Jembatan Baturusa II. 


0 Response to "Menanti Jembatan Tercanggih di Indonesia Rampung"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam