Tampilan Kolom Excel Berubah Menjadi Angka: Bagaimana Mengembalikannya ke Normal?

Hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh! Saya sempat stress, ketika mengadakan pengumpulan data dari ratusan sekolah, tiba-tiba salah satu dari operator dapodik mengirimkan data dengan tampilan muka Excel berbeda. Karena stress, dan emosional maka kemampuan teknis menjadi terpengaruh dan itu berdampak buruk pada kinerja (prestasi). Kok bisa?  

Berikut sedikit ulasan tentang kecerdasan emosional.

Kercerdasan emosi  yang  ada pada diri seseorang  adalah mencakup pengendalian diri, semangat,  ketekunan,  serta  kemmpuan  untuk  memotivasi  diri  sendiri.  Bila  seseorang  dapat memotivasi  diri  sendiri  memunkinkan  kinerja  yang  tinggi  dalam  segala  bidang  pekerjaan. Kecerdasan  emosi  adalah  kecakapan  hasil  belajar  yang  menghasilkan  hasil  kinerja  yang menonjol.  Inti kecakapan  ini  adalah  2  kemampuan  yaitu  empati,  adalah  dapat  memahami perasaan  orang  lain dan  ketrampilan  social  adalah  mampu  mengelola  perasaan  orang  lain dengan baik. Goleman, (2001)

Selain  faktor kecerdasan emosi  hal  yang  dapat  mempengaruhi   kinerja  karyawan  adalah  stres  kerja.  Stres kerja  dapat  membuat  seorang  karyawan  dapat  meduakan  pekerjaanya.  Stres  yang  dialami seseorang  bisa  dari  dalam  perusahaan  atau  luar  perusahaan. Indikator  stres  kerja  menurut Cooper sebagaimana dikutip oleh Veithzal & Deddy Mulyadi (2009) yaitu :
1.Kondisi Pekerjaan
2.Stres karena peran
3.Faktor interpersonal
4.Perkembangan karier
5.Struktur organisasi
6.Tampilan rumah-pekerjaan
 

Menurut Adi   (2000), stres dapat bersifat positif maupun negatif. Stres  yang bersifat positif disebut eutres yakni mendorong manusia untuk lebih dapat berprestasi, lebih tertantang  untuk menyelesaikan  masalah-masalah  yang  dihadapinya,  sebaiknya  stress  yang berlebihan dan bersifat merugikan atau negatif  yang disebut distress yaitu tekanan yang menimbulkan berbagai macam gejala  yang  umumnya  merugikan  kinerja  karyawan.  Gejala-gejala distress antara  lain adalah gairah kerja menurun, sering membolos atau tidak masuk kerja, tekanan darah tinggi, gangguan  pada  alat  pencernaan,  dan  lain  sebagainya  yang  dipublikasikan  dalam  jurnalnya yang menujukan bahwa stres kerja yang sangat tinggi berakibat negatif terhadap kinerja. Hal ini  didukung  dengan  penelitian  Rosidah    (2003)  dalam  temuanya,  menunjukan  ada  korelasi negatif  antara  stres  kerja  dengan  kinerja pada  karyawan,  yang  berarti  semakin  tinggi  stres kerja maka akan semakin rendah kinerja karyawan.

Baiklah, itulah alasan mengapa stress saya sedikit mengganggu kinerja saya selaku pekerja (karyawan).

Kembali ke masalah persoalan yang tertuang dalam judul di atas. Permasalahannya sebenarnya tidak begitu berat. Cuma karena stress mengganggu, sehingga hal yang sepele pun menjadi berat. Okelah, aklhirnya saya bawa nyantai. Masalahnya bagaimana mengembalikan tampilan kolom Excel yang berubah menjadi angka menjadi defalut. Berikut tatacaranya.
Bagaimanakah Mengembalikan Tampilan Kolom MS Excel ke tampilan Default (Normal)?
Inilah tampilan MS Excel yang sedikit membuat distress ketika tumpukan pekerjaan setinggi gunung di meja saya.

Gambar 1: Tampilan Kolom Excel Menjadi Angka

Cara mengembalikannya ke tampilan default adalah begini:
  • Dari worksheet yang sedang aktif, klik menu File, pilih Options, selanjutnya akan tampil jendela Excel Options (Gambar 3)
Gambar 2: Menu File - Options
  • Dari jendela Excel Options berikut, pilih sumbenu Formulas.
    Gambar 3: Jendela Excel Options


    • Selanjutnya masih dari jendela yang sama, hilangkan tanda centang pada opsi R1C1 reference style

    Gambar 4: Menghilangkan tanda centang untuk mengembalikan default tampilan Excel
    Hasilnya seperti berikut.
    Tampilan Default Excel
      

0 Response to "Tampilan Kolom Excel Berubah Menjadi Angka: Bagaimana Mengembalikannya ke Normal?"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam