Nenas Pengantin

Nanas Pengantin 
sumber: Catatan Go Blog
Sungailiat, 28/12/2010. 

Gambar di atas adalah buah nanas (Ananas Comusus Merr), dari varian Nanas Pengantin. Lha?? Baru kali ini tho ada nanas namanya Nanas Pengantin? Iya nih.

Pembaca, foto di atas saya ambil dari tanaman pembatas/pagar pekarangan rumah saya. Tanaman itu milik Pak Dhe Siswanto (begitu anak-anak saya menyapa). Konon di Bangka atau masyarakat Bangka memanggilnya dengan nama Nanas Pengantin. Nggak tahu persis kenapa dinamakan Nanas Pengantin. Yang jelas tanaman ini "disakralkan" oleh masyarakat Tionghoa khususnya masyarakat Tionghoa di Bangka. Disakralkan karena menurut pandangan mereka, tanaman ini bisa mendtangkan hoki bagi pemilik atau penanamnya. 

Nanas Pengantin dari Bangka (Catatan Go Blog)
Bila dibandingkan dengan nanas yang kita kenal pada umumnya, nanas ini memiliki keunikan. Di bagian pangkalnya terdapat "anak-anak"nya yang mengeililingi badan buah. Kebetulan nanas yang terekam kamera digital ini tidak berjambul (mahkota), mungkin dikarenakan kurang terawat atau tidak subur pertumbuhannya. Sayang tidak tersedia foto pendukung lainnya. Masih menurut si pemilik, semakin banyak nanas pengantin ini berjambul dan ber"anak" banyak, maka rezeki bagi penanamnyapun mengikutinya. Allahu a'lam bi shawab!

0 Response to "Nenas Pengantin"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam