Manfaat Daun Poh Pohan (Pilea Trinervia)

Tanpa kita sadari, lalapan yang dimakan oleh pendahulu kita (orangtua atau leluhur kita dahulu) ternyata banyak manfaatnya untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Sayang sekali banyak yang terlupakan oleh yang muda-muda, seiring banyaknya makanan siap saji (junkfood) yang serba praktis. Apa sajakah, salah satunya yang terlupakan adalah daun Poh-pohan.

Daun Poh-pohan (Pilea Trinervia Wight)
Sekilas lalapan daun ini mirip dengan daun gulma yang ada di semak belukar belakang rumah saya, tapi lebih halus. Konon tanaman yang bernama latin Pilea Trinervia Wight ini memiliki bunga berwarna kuning cantik. Ternyata memiliki kandungan antioksidan dan mengandung vitamin A, C dan B1. Selain vitamin, juga mengandung beberapa mineral penting yakni kalsium (Ca), besi (Fe), fosfor (P).

Daun Poh-pohan sering dimanfaatkan masyarakat Bogor dan orang Sunda pada umumnya sebagai lalapan. Rasanya, hmm... agak beda dengan kemangi, sedikit manis mmm... seperti mencicipi buah mangga gedong gincu, ditemani dengan sambal terasi lebih asik.

Dari berbagai penelitian daun Poh-pohan mengandung mineral kalsium yang sangat tinggi. Oleh karenanya dengan mengkonsumsi daun poh-pohan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh terutama kebutuhan kalsium. Karena kandungan kalsium yang sangat tinggi itu, maka daun Poh-pohan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari:

Nyeri otot tulang
Kekurangan kalsium menyebabkan pergerakan yang tidak normal pada seluruh otot licin dan otot jantung, sehinga tubuh kehilangan kelincahan, pengendalian keseimbangan, gerakan dan kemampuan koordinasi. Gerakan tubuh ditentukan oleh rangsangan atau stimulasi otot tulang, sementara rangsangan otot tulang timbul karena peran kalsium yang sangat penting. Jika asupan kalsium dalam tubuh tidak memadai, maka akan terjadi nyeri pada otot tulang.

Keropos tulang/osteoporosis
Kalsium dalam tubuh berperan sebagai elemen ang memberi kekerasan pada tulang. Oleh karena itu, kalsium mampu membentuk kerangka yang mampu menanggung berat badan. Jika dalam tulang tidak terdapat endapan kalsium yang cukup, maka akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, hingga volume tulang berkurang.

Penurunan Kekebalan Tubuh
Kekuranan kalsium mampu memicu terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Karena dengan kekurangan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, maka dengan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit yang seharusnya bisa ditangkal oleh system kekebalan tubuh.

Penurunan daya ingat
Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinyal syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan transmisi ion kalsium di dalam dan diluar neuron. Ketika organisme kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme rangsangan dalam tubuh manusia juga mengalami kerudakan. Gejala pada anak anak mudah kaget, menangis di malam hari, resah, sulit tidur dan super aktif.

Ganguan dalam jantung

Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Kendati hanya sebesar kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantung secara terus menerus. Padahal konstraksi dan ekspansi jantung serta penyimpanan dan pengunaan energinya tidak lepas dari pengaruh kalsium.

Sumber:
Mas Sugianto, mahasiswa STPP Bogor

11 Responses to "Manfaat Daun Poh Pohan (Pilea Trinervia)"

  1. wah ternyata daun poh-pohan ada manfaatnya juga ya...dulu sih sering makan daun poh-pohan ini, paling mantap cocoknya sama sambel oncom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya, kalo saya dicolet dengan mayones juga enak, disantap sebagai salad a la orang itali

      Delete
  2. Jauh lebih menyegarkan bahkan bila dibanding dgn daun: bayam, kangkung, kemangi. Rasanya spt bernuansa aroma jeruk namun bercampur kulit buah mangga. Mantap "poh-pohan"!

    ReplyDelete
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    ReplyDelete
  4. Jauh lebih menyegarkan bahkan bila dibanding dgn daun: bayam, kangkung, kemangi. Rasanya spt bernuansa aroma jeruk namun bercampur kulit buah mangga. Mantap "poh-pohan"!

    ReplyDelete
  5. Jauh lebih menyegarkan bahkan bila dibanding dgn daun: bayam, kangkung, kemangi. Rasanya spt bernuansa aroma jeruk namun bercampur kulit buah mangga. Mantap "poh-pohan"!

    ReplyDelete
  6. Jauh lebih menyegarkan bahkan bila dibanding dgn daun: bayam, kangkung, kemangi. Rasanya spt bernuansa aroma jeruk namun bercampur kulit buah mangga. Mantap "poh-pohan"!

    ReplyDelete
  7. daun ini apa hanya ada di jawa barat ya. saya nyari2 di malang ga ada tukang sayur yang tau. kira2 bisa ditanam di malang gak ya. dimana bisa beli bibitnya.

    ReplyDelete
  8. Di giant ato di hypermart ada gan

    ReplyDelete
  9. Di giant ato di hypermart ada gan

    ReplyDelete

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam