Cara Herbal Mengatasi Sariawan dengan Kemangi

Siapa yang suka sariawan? Pastinya tiada seorangpun pembaca yang mau menjawab suka, kan?

Tapi jika ditanya, siapa di antara pembaca yang sering sariawanan?
Hehe, ada tuh. Menjengkelkan bukan? Sebab sariawan telah membuat rasa tidak nyaman, serba salah, diam salah, ngomong apalagi, makan opo meneh, semua penderitaan yang disebabkan sariawan membuat tidak percaya diri.

Sariawan di mulut disebut stomatitis aphtosa. Adalah suatu kelainan pada selaput lender mulut berupa luka pada permukaan kulit di lapisan terluar pada rongga mulut yang berupa bercak putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Ada pengalaman pribadi saya tentang bagaimana cara menghalau sariawan. Dari peyembuhan secara medis maupun tradisional. Dulu, saya sempat malu ketika berobat ke dokter gara-gara penyakit ini, malu karena si dokter menyindir atau mengetahui secara langsung jika saya yang lagi menderita sariawan terbukti pola makannya tidak benar.
“Wah, mas ini kurang serat. Kurang makan sayur dan buah. Atau tidak suka sayuran ya?” Selidiknya sedikit menggelitik. Dan resepnya Cuma dikasih antibiotic, vitamin C.

Setelah curhat sana, curhat sini, diperkuat dengan referensi/bahan bacaan, ternyata di sekitar kita banyak dedaunan yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan juga mencegah sariawan, selain sayur mayor, buah-buahan, getah angsana, daun kemangi ternyata mampu menghilangkan bercak sariawan.

Kebetulan saya menanam kemangi di pekarangan rumah. Saya ambil segenggam daun kemangi, saya bersihkan. Karena sulit mengunyah, maka saya gunakan cara lain yaitu memblender daun kemangi segar sebanyak satu genggam.

Rasanya? Wow…. Pedar-pedar, gimanaaa gitu. Namun, agar berasa sedikit manis, saya tambahkan madu. Jadilah obat sariawan.  Cara konsumsinya pun, saat pagi hari dan malam sebelum tidur. Dibutuhkan waktu selama tiga hari untuk sembuh total. Waktu penyembuhan tentu saja tergantung parah tidaknya sariawan pembaca.

Begitulah, ternyata daun kemangi banyak khasiatnya. Silahkan mencoba

0 Response to "Cara Herbal Mengatasi Sariawan dengan Kemangi"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam