Tips Lulus Seleksi Administrasi Lamaran CPNS/ASN

Jurnal Juragan Dodoll: Beberapa hari ini warga negara Indonesia pencari kerja berbondong-bondong menggunakan hak gunanya untuk bisa berkiprah sebagai pegawai pemerintah atau Aparatur Sipil Negara sebagai abdi masyarakat dengan melamar sebagai CPNS di portal SSCN.

Tahun 2019 Pemerintah membuka kembali seleksi CPNS di penghujung tahun, setelah gonjang-ganjing atau berita sekitar pelaksanaan seleksi CPNS beredar sekitar medio September lalu.


Sudah sekian lama pemerintah tidak membuka kran seleksi CPNS dengan alasan tertentu, selain keterbatasan keuangan negara, birokrasi yang dinilai tidak efisien, landasan regulasi atau payung hukum yang belum mapan, yakni harus ada perhitungan yang cermat melalui beberapa tahapan penyusunan rencana kebutuhan, antara lain penyusunan kebutuhan SDM aparatur di semua instansi pemerintah harus melalui tahapan analisis jabatan dan beban kerja untuk kebutuhan perencanaan SDM selama 5 tahun dan dijabarkan setiap tahunnya.

Dua tahun terakhir Pemerintah menggulirkan lowongan besar-besaran CPNS baik oleh instansi vertikal (kementerian dan lembaga) serta pemeintah daerah. Kini di penghujung tahun 2019 setelah susunan Kabinet Indonesia Maju terbentuk, pemerintah membuka kembali seleksi CPNS mulai tanggal 11 s.d. 27 November 2019, sehingga diperkirakan seleksi tertulis melalui CAT dipastikan pada awal 2020.

Saat tulisan ini disusun, portal SSCN sebagai satu-satunya portal pendaftaran seleksi CPNS secara nasional sudah ditutup pada 27 November 2019 tepat pukul 00:00 WIB nanti malam.

Dari pengalaman kami memverifikasi seleksi CPNS dari sudut pandang administrasi, banyak dijumpai kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi saat pendaftaran. Kesalahan tersebut dari pengalaman memverifikasi berkas (dalam bentuk digital) paperless tersebut disebabkan kekurangtelitian pendaftar, ada juga karena tidak paham, serta sok berasumsi bahwa semua instansi pembuka lowongan sama persyaratannya, padahal tidak. Setiap instansi pembuka lowongan CPNS tidak menentukan persyaratan yang sama, mereka memiliki kebijakan / aturan serta persyaratan, baik administratif maupun teknis yang berbeda-beda sesuai kebutuhan atau ciri khas instansi pembuka lowongan. Demikian pula instansi pemerintah daerah. Lalu bagaimana agar anda dapat dengan mudah lolos seleksi administrasi? Berikut tips yang dapat dipertimbangkan.


  1. Buka SSCN.bkn.go.id atau buka portal pengumuman CPNS dimana Anda akan mendaftar, jika di instansi pemerintah daerah kunjungi pengumuman di laman web badan kepegawaian setempat
  2. Jika ada e-book atau petunjuk teknis pendaftaran yang disediakan, jangan segan-segan mengunduh/download-nya, lalu pelajari dengan seksama.
  3. Download semua petunjuk/blangk0-blangko, format-format yang disediakan, dan ikuti kemauan instansi yang akan anda ikuti sebagai tujuan seleksi. Jangan menggunakan format dari instansi atau daerah lain, belum tentu formatnya sama.
  4. penuhi permintaan berkas yang diperlukan termasuk ukuran, jenis file
  5. Perhatikan kualifikasi ijazah yang anda miliki apakah sesuai dengan formasi yang akan anda lamar.
  6. terakhir jangan lupa berdoa.
Demikian tips dari saya, selamat berkompetisi.





0 Response to "Tips Lulus Seleksi Administrasi Lamaran CPNS/ASN"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam