5 Hewan Terancam Punah di Dunia yang Perlu Anda Ketahui: #3 Saola

Jurnal Juragan Dodoll: Tahukah Anda, betapa luarbiasanya, Saola benar-benar tidak dikenal oleh Barat sampai ditemukannya dari potongan tanduk di rumah-rumah pemburu Vietnam pada Tahun 1992. Sekarang, kurang dari dua dekade, Saola dianggap sebagai satwa keluarga mamalia yang paling terancam kepunahannya di Asia Tenggara. 
http://edgeofexistence.org/

Saola yang dikenal dengan nama latin Pseudoryx nghetinhensis, adalah mamalia mistis (unicorn) yang memiliki sifat pemalu. Ia sebetulnya lebih dekat diklasifikasikan ke golongan lembu liar. Ia hidup di lembah terpencil di Pegunungan Annamite, di perbatasan Laos dan Vietnam. 

Berapakah perkiraan populasi Saola?

Perkiraan jumlah populasi menjadi terkendala karena keterbatasan data lapangan yang dapat diandalkan pada jumlah dan distribusi saola. Hal ini disebabkan kelangkaan spesies, densitas, habitatnya yang terselubung, dan kurangnya tanda-tanda lapangan yng dapat diidentifikasi secara andal (misalnya jejak, kotoran). Pada 1990-an ada diyakini sedikitnya terdapat 250 individu dewasa yang tersisa. Situasi ini telah memburuk sejak saat itu dan jumlahnya sekarang mungkin sangat sedikit sehingga tidak  ada angka yang pasti berapa yang tersisa.

dari berbagai sumber:

http://edgeofexistence.org/
tempo.co

0 Response to "5 Hewan Terancam Punah di Dunia yang Perlu Anda Ketahui: #3 Saola"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam