Dibalik Warna Warni Buah dan Sayuran, Part 1

Jurnal Juragan Dodoll: Warna-warna buah dan sayuran tercipta tidak sekedar penyejuk mata bagi yang menikmatinya. Lebih dari itu, di balik warna-warna eksotik terdapat petunjuk kandungan nutrisi yang bermanfaat. Dokter Grace Judio Kahl, pakar diet dari Universitas Diponegoro - sebagaimana dikutip Koran Tempo (14/9), mengatakan phytonutrient (Bhs. Yunani berarti nutrisi tumbuhan) berfungsi membuat tubuh lebih optimal. Berikut fakta di balik warna-warna Buah dan Sayuran.

MERAH

Buah dan sayuran yang berwarna merah mengandung nutrisi yang bernama lycopene, asam ellagic, quercentin dan hesperidin. Mengkonsumsi buah dan atau sayuran yang mengandung phytonutrient yang tersebut di atas membawa manfaat untuk mengurangi atau meredam resiko penyakit prostat, menurunkan tekanan darah, menghambat pertumbuhan tumor, kanker, radang sendi, dan kadar kolesterol. Kandungan nutrisi ini dalam sayur dan buah berwarna merah, seperti tomat, semangka, jambu merah (guava). 

ORANGE

Kandungan utama buah dan sayuran berwarna orenj adalah betacaroten. Betakaroten didapati dari buah dan sayuran seperti wortel, labu kuning dan pepaya. Phutonutrient lain yang terkandung di dalam buah dan sayuran berwarna orenj adalah zenzanthin, flavenoids, lycopene, mineral kalium dan vitamin C. Nutrisi ini bermanfaat membantu mengurangi atau menghambat terjadinya degenerasi makula terkait dengan usia, risiko penyakit prostat, kolesterol dan tekanan darah rendah, serta memperbaiki pembentukan kolagen, kesehatan sendi, dan bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan DNA.

0 Response to "Dibalik Warna Warni Buah dan Sayuran, Part 1"

Post a Comment

Juragan Dodoll Belajar Menulis yang Enak, Tidak Seenaknya Menulis. Juragan Dodoll menerima kritikan, saran dan komentar yang membangun. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebaiknya komentar yang dituliskan senantiasa berhubungan dengan isi (konten) tulisan. Mohon Maaf jika komentar Anda tidak segera muncul, karena harus melalui moderasi. Terima kasih, Anda sudah berkunjung di blog Juragan Dodoll. Salam